Kelapa Muda - info dapur
Headlines News :
Home » » Kelapa Muda

Kelapa Muda

Written By Ining Pamuji Atmi on Jumat, 30 April 2010 | Jumat, April 30, 2010

Air kelapa muda tak hanya segar dan mampu melepaskan dahaga, tapi juga mengandung isotonik alami yang bermanfaat mengembalikan stamina dan cairan tubuh yang hilang.
Cocos nucifera alias kelapa memang tanaman serba guna. Mulai dari akar hingga pucuk daunnya bisa dimanfaatkan. Karena alasan inilah pohon kelapa mendapat banyak julukan seperti tree of life (pohon kehidupan) di Philipina, kalpa vriksha (pohon yang menyediakan semua kebutuhan hidup) dalam bahasa Sansekerta, serta pokok seribu guna (pohon dengan 1000 manfaat) di Malaysia.
Keampuhan kelapa muda sebagai obat pun bukan sekadar isapan jempol. Banyak masyarakat pribumi di negara tropis menggunakan kelapa muda sebagai obat tradisional alami untuk demam, sakit kepala, sakit perut, diare, dan cacingan.
Di Indonesia sendiri berkembang kepercayaan bahwa air kelapa, khususnya kelapa hijau, sangat baik diminum oleh ibu hamil agar proses persalinan menjadi mudah dan anak yang dilahirkan memiliki kulit yang putih dan mulus.

Bebas lemak dan rendah kalori
Kelapa muda terdiri dari 4 bagian utama, yaitu sabut, tempurung (batok), daging buah, dan air kelapa. Daging buah merupakan lapisan tebal berwarna putih yang menempel pada tempurung kelapa. Daging buah ini mengandung berbagai macam zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin A, B, C, dan E, yang jumlahnya tergantung pada tingkat kematangan kelapa.
Selain seratnya yang tinggi, daging kelapa muda juga rendah lemak dan kalori – bertolak belakang dengan saudara tuanya yang kaya lemak – sehingga cocok sebagai makanan diet.
Sementara air kelapa muda dikenal sebagai minuman sehat yang alami. Letaknya yang terlindung oleh tempurung yang keras dan sabut kelapa yang tebal, menjadikan air kelapa sebagai minuman yang steril dan bebas dari segala bentuk kontaminasi, baik secara fisik dan kimia.
Itulah, maka air kelapa muda layak disebut minuman isotonik karena komposisi zat gizi yang terkandung di dalamnya sangat mirip dengan komposisi cairan tubuh. Komposisi gizi ini sangat bervariasi, tergantung pada jenis dan umur kelapa. Selain memiliki vitamin C dan semua jenis vitamin B kompleks (kecuali vitamin B6 dan B12), air kelapa muda juga kaya mineral kalium, kalsium, magnesium, dan natrium.
 

Penulis : Anjelita Noverina
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Mengenai Saya

Foto saya
bekasi, jawa barat, Indonesia
Bersyukurlah, sebagian perempuan Muslim masih eling (sadar, red) dan menjalani hidup dengan nilai-nilai Islam. Masih banyak Muslimah yang bangga menjalani profesi ibu rumah tangga, melahirkan banyak generasi penerus, menyibukkan diri mendidiknya menjadi anak shalih.

 
Support : Creating Website | kokar wika Template | kokar Template
Proudly powered by kokar wika
Copyright © 2011. info dapur - All Rights Reserved
Template Design by Safetyk3 Website Published by Kokar Template