Makan ‘Nakal’ Tetap Langsing - info dapur
Headlines News :
Home » » Makan ‘Nakal’ Tetap Langsing

Makan ‘Nakal’ Tetap Langsing

Written By Ining Pamuji Atmi on Jumat, 14 Mei 2010 | Jumat, Mei 14, 2010

Tersiksa karena ingin makan fast food tapi takut gemuk? Gampang, Anda bisa tetap langsing dan sehat meski makan ‘nakal’, asal tepat porsinya.
Kita seringkali tidak menyadari seberapa banyak makanan yang sudah kita makan. Apalagi saat kita makan di restoran makanan siap saji yang menyajikan makanan tinggi lemak dan gula dengan porsi besar. Porsi jumbo ini tak hanya semakin memperlebar lingkar pinggang Anda, tapi juga bisa mengundang penyakit-penyakit degeneratif, seperti diabetes, stroke, penyakit jantung, dan kanker. Untuk mencegahnya, Anda tidak harus berpuasa fast food. Anda hanya perlu mengontrol porsi dan mengganti bahan makanan tinggi lemak, gula, dan garam, dengan makanan sehat yang kaya serat, vitamin, dan mineral.
Simbol dan ukuran porsi
Tak perlu repot menimbang bahan makanan dan menghitung kalori untuk menentukan porsi makan sehat. Linda Gassenheimer, dalam bukunya “Perfect Portion” memperkenalkan metode yang praktis dan sederhana untuk menentukan ukuran porsi dengan menggunakan simbol gambar untuk setiap jenis makanan.
Simbol ini menunjukkan bagian tangan yang berbeda untuk menggambarkan seberapa banyak porsi yang tepat dari masing-masing jenis makanan. Tentu saja ini hanyalah perkiraan kasar karena setiap orang memiliki ukuran tangan yang berbeda. Panduan sederhana ini bisa digunakan untuk memperkirakan secara kasar porsi makanan yang disajikan dalam piring, sehingga Anda bisa membatasi porsi dan tidak makan berlebihan.
Jenis pangan
Ukuran porsi (simbol)
Tip sehat
Daging sapi, kambing dan ayam
Telapak tangan
Pisahkan semua lemak daging yang terlihat sebelum memasak. Untuk daging ayam, pisahkan kulit dan lemak yang terlihat sebelum diolah. Cara tersehat memasak daging, kambing, dan ayam adalah dengan ditumis, dipanggang, dan dibakar.
Ikan
Telapak tangan
Hindari konsumsi ikan yang digoreng dengan banyak minyak dan mentega. Gunakan minyak zaitun untuk menumis. Lebih baik ikan dibakar atau dipanggang.
Seafood
Telapak tangan
Udang, cumi, kepiting, atau kerang sebaiknya dikukus atau direbus.
Keju
Tangkup tangan (keju parut) atau 3 jari tangan (keju batangan)
Pilih keju rendah lemak untuk mengurangi asupan kalori dan lemak.
Mentega dan mayones
Ibu jari
Mentega dan mayones sebaiknya dibatasi maksimal satu sendok teh. Hindari penggunaan margarin karena mengandung lemak trans yang berbahaya bagi jantung.

Sandwich
Porsi ‘nakal’ = 800 kalori
Makan sandwich dari 3 lapis roti putih, daging sapi giling goreng berukuran tebal, 2 lembar keju, serta limpahan mayones akan menyumbangkan kalori yang setara dengan jumlah kalori untuk dua kali porsi makan.

Porsi sehat = 363 kalori
Ukuran porsi roti: 2 tangan
Sandwich sehat dari roti whole wheat berisi aneka sayuran, seperti tomat, lettuce, mentimun, dan paprika. Agar tambah nikmat, Anda boleh menambahkan daging ayam tanpa kulit atau fillet ikan yang rendah lemak.
Kandungan gizi: Energi 363 kalori; protein 39.9 gram; lemak 8.1 gram; karbohidrat 36.1 gram; serat 3 gram. (N).

Penulis: Anjelita Noverina 
Share this article :

1 komentar:

  1. Slots by Pragmatic Play - Mapyro
    Slots from Pragmatic Play — 아산 출장안마 Slots 구리 출장안마 list with pictures and details about slot machines 논산 출장샵 by Pragmatic Play. Find slot 안양 출장안마 machines 통영 출장안마 from pragmatic play.

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
bekasi, jawa barat, Indonesia
Bersyukurlah, sebagian perempuan Muslim masih eling (sadar, red) dan menjalani hidup dengan nilai-nilai Islam. Masih banyak Muslimah yang bangga menjalani profesi ibu rumah tangga, melahirkan banyak generasi penerus, menyibukkan diri mendidiknya menjadi anak shalih.

 
Support : Creating Website | kokar wika Template | kokar Template
Proudly powered by kokar wika
Copyright © 2011. info dapur - All Rights Reserved
Template Design by Safetyk3 Website Published by Kokar Template